Search This Blog

15 August 2007

Menggunakan Prosesor AMD Athlon 64 di Motherboard Intel LGA775

Meng-upgrade komputer, terutama saat akan memilih prosesor, bukanlah sebuah perkara yang mudah. Sering kali timbul pertanyaan di benak kita, apakah mau memilih platform berbasis Intel atau AMD? Mau kelas high end atau low end? Dan sejumlah pertanyaan lainnya. Alangkah nikmatnya kalau kita bisa menggunakan berbagai macam prosesor di motherboard yang akan kita beli. Mungkinkah hal ini terjadi? Tentu saja!

Bagi Anda yang ingin menjajal beberapa prosesor tanpa ingin gonta-ganti motherboard, kini di pasaran sudah tersedia motherboard yang mampu melakukan hal itu. Produsen yang berani membuat solusi tersebut adalah ECS dengan produk seri PF88-nya.

Secara default, motherboard ini adalah sebuah motherboard yang ditujukan untuk pengguna platform Intel, khususnya soket T alias LGA775. Di sana tertanam sepasang chipset SiS yaitu chip northbridge SiS 656 dan southbridge SiS 965.

Untuk memasangkan sistem AMD pada motherboard untuk Intel ini ECS menggunakan sebuah card tambahan yang dapat menampung prosesor serta memori utama. Card tersebut disebut sebagai SIMA card. Pada card ini tersedia chip northbridge SiS756 untuk mengontrol sistem AMD. Dengan demikian, jika dipasangkan, maka chip northbridge SiS656 dapat dinonaktifkan lewat penggantian chip BIOS.

Untuk menampung SIMA card, pada motherboard ECS PF88 tersedia sebuah slot yang diberi istilah Elitebus slot yang merupakan gabungan slot PCI Express x16 dan PCI Express x1.

No comments:

Popular posts

Google Maps: Ar Berry Frozen