Search This Blog

15 August 2007

Peperangan antara Blue-ray vs HD DVD

Perang format DVD masa depan antara kubu Blue-ray dan HD DVD belum selesai. Meski Blue-Ray disebut-sebut sebagai pemenang dalam hal kapasitas penampungan data, HD DVD tak mau kalah dengan menyiapkan disk bermuatan lebih besar.

Blue-Ray Disc (BD) dinyatakan unggul dari HD DVD karena kapasitas penyimpanan yang mampu ditampungnya mencapai 50 GB untuk disk dual-layernya. Tak mau kalah, kubu HD DVD pun sibuk mempersiapkan disk bermuatan 51 GB yang dikembangkan untuk format triple-layer.

Sekedar informasi, format HD DVD sebelumnya hanya tersedia dalam kapasitas 15 GB untuk single layer, dan 30 GB untuk dual-layer.

Belum bisa dipastikan apakah penambahan layer ketiga pada disk HD DVD ini akan menambah biaya maupun waktu produksi masalnya.

Pastinya dengan teknologi baru yang ditawarkan ini, HD DVD tengah berusaha menggaet pangsa pasar yang lebih luas, menyusul laporan dari Nielsen yang menunjukkan bahwa Blue-ray telah mengalahkan HD DVD.

Satu keuntungan besar yang dapat diraih konsumen dari HD DVD adalah format disk combo yang bekerja baik di HD DVD maupun pada pemutar DVD reguler.

Disinyalir Toshiba sebagai pemimpin kubu HD DVD tengah berencana melemparkan format triple-layer tersebut ke pasaran sebelum akhir tahun 2007.

No comments:

Popular posts

Google Maps: Ar Berry Frozen