Search This Blog

25 May 2008

KIAT MENJADI MAHASISWA SUKSES

Anda mahasiswa yang luntang-lantung kurang kerjaan? Sudah mulai mual ikut kuliah? Mulai “bete” dengan suasana kos-kosan? Binggung karena nggak dapat apa-apa di universitas? Atau mungkin, salah jurusan? Mungkin beberapa tips berikut ada yang cocok dan bisa bikin semangat anda bangkit.

1. Bangun tidur, berdirilah di depan kaca. Ucapkan bahwa andalah yang terbaik di kos-kosan ini, kalau perlu yang terbaik di kelas anda atau terganteng di kampus anda. Yakinilah bahwa anda adalah manusia pilihan, paling tidak terpilih sebagai wakil desa anda yang bisa kuliah di universitas ini.

2. Mandi yagn bersih, sisir dan rapikan rambut anda. Ambil ponsel, bikin senyuman paling manis dan foto wajah anda. Ulangi lagi kalau masih kurang enak dilihat.

3. Nyalakan komputer, akses internet, nggak usah kemana-mana, langsung saja buka http://wordpress.com, lalu buat akun blog disana.

4. Renungi hidup anda, ingat-ingat lagi perjalanan hidup dari kecil sampai sekarang dan apa yang telah anda lakukan. Masuk ke menu administrasi http://wordpress.com , klik [Write*Page]. Buat tulisan dengan judul “About Me”, tuliskan resume, kisah hidup dan Curriculum Vitae (CV) anda. Tuliskan seluruh kegiatqan anda dari lahir sampai kuliah, lalu klik [Publish]. Selanjutnya, perbaharui terus CV anda tiap kali ada perubahan.

5. Sekarang, jalan ke meja belajar anda. Kenang kehidupan kampus anda, senangnya ketika diterima di universitas ini, semangat ikutan ospek, dosen yang baik dan menyenangkan, nilai mata kuliah yang naik turun. Kenang semuanya. Anda akan menemukan kenangan manis terselip diantaranya.

6. Mata kuliah apa yang dulu paling anda senangi? Cari buku catatan dan textbooknya. Ketemu? Wah ternyata anda jagoan rekayasa peranti lunak. Sekarang, tulis kenangan anda – empat sampai enam paragraph cukup – tentang mata kuliah itu, dib log tentu saja. Konsentrasi tulisan ke satu mata kuliah.

7. Anda kekurangan bahan? Dulu sepertinya anda pernah meminjam buku bagus tentang rekayasa peranti lunak di perpustakaan kampus. Coba cari buku tentang mata kuliah kesukaan anda itu, lalu buat tulisan menarik mengenainya. Kalau mau, anda juga bisa mencari banyak berita dan tulisan populer sekitar software dan metode pengembangannya. Kalau ada internet di perpustakaan, kenapa anda tidak sekalian mempublikasikan tulisan itu ke blog anda?

8. Dulu sepertinya anda pernah membuat suatu tugas mandiri berhubungan dengan software? Kumpulkan file-filenya, dari mata kuliah apa saja tak masalah – bisa rekayasa peranti lunak, dasar pemrograman, pemrograman berorientasi objek atau apapun. Kumpulkan juga program yang pernah anda buat.

9. Sebelum tidur, ucapkan syukur bahwa anda harin ini anda sudah melakukan kegiatan yagn sangat baik dan produktif.

10. Keesokan harinya, bangun pagi dan lanjutkan petualangan hidup anda.

11. Sebelum masuk kuliah, baca-baca buku dulu. Hari ini dozen mau bicara apa, siapa tau bisa jadi bahan tulisan. Kalau ada waktu di pagi hari tak ada salahnya anda membuat resume atau rangkuman bab yang akan diajarkan oleh dozen agar ada suasana berbeda di kelas. Jadi, anda bisa meminta pendapat dozen, apakah dari rangkuman anda tadi betul atau tidak. Anda akan menyimak lebih dalam karena anda berharap pelajaran bisa jadi bahan tulisan. Kalau ada pertanyaan yang tak terjawab oleh dozen, angkat tangan saja, bilang bahwa anda pernah mengupas tuntas masalah itu dib log anda. Jangan sungkan menyebutkan URL-nya.

12. Nah, mudah-mudahan semester ini tumpukan nilai A anda semakin banyak dan anda tidak akan kesulitanmembuat skripsi atau TA di semester akhir. Itu karena anda sudah terbiasa banyak membaca dan menulis. Dua itu adalah modal penting dalam menyusun skripsi.

No comments:

Popular posts

Google Maps: Ar Berry Frozen